Pendidikan Sejarah di Era 4.0 Tantangan dan Peluang : Studi Literatur
Abstract
Pendidikan Sejarah menjadi mata pelajaran untuk mengingat berbagai peristiwa penting di masa lampau yang dapat dijadikan pelajaran bagi kehidupan terutama berkaitan dengan kebangsaan. Pada era industri 4.0, pendidikan sejarah pun dituntut untuk lebih terbuka terhadap kehadiran teknologi dan digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tantangan dan peluang pendidikan sejarah pada era 4.0. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian berjenis kualitatif deskriptif dengan teknik studi literatur. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat tantangan dalam pendidikan sejarah di era 4.0 yaitu 1) kurangnya kemampuan guru pendidikan sejarah dalam mengadopsi teknologi digital, (2) kurangnya data yang relevan dan berkualitas dalam pembelajaran sejarah dengan menerapkan teknologi, (3) merebaknya informasi hoaks yang berpotensi memicu pemahaman sejarah yang salah. Peluang pendidikan sejarah yaitu (1) peningkatan efisiensi pembelajaran, (2) peningkatan interaksi dan akses siswa terhadap materi ajar sejarah, serta (3) peningkatan pemahaman siswa terhadap materi konteks sejarah. Dengan peluang dan tantangan yang dihadapi secara beriringan tersebut, pelaksanaan pendidikan sejarah harus direncanakan secara bijak agar dapat menghadapi tantangan yang muncul dan mengoptimalkan peluang yang ada.
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran teknologi pendidikan dalam pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133.
Al Faruq, U. (2020). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Muhammadiyah Di Era 4.0. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 18(1), 013. https://doi.org/10.29062/arrisalah.v18i1.330
Anis, A. M. Z., & Mardiani, F. (2022). Digitalisasi sumber belajar sejarah menyongsong pendidikan era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah , 7(April), 118–124. https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllb-lit/article/viewFile/724/731
Bonfield, C. A., Salter, M., Longmuir, A., Benson, M., & Adachi, C. (2020). Transformation or evolution?: Education 4.0, teaching and learning in the digital age. Higher Education Pedagogies, 5(1), 223–246. https://doi.org/10.1080/23752696.2020.1816847
Dyokta, N. A. D. (2020). Profesi Guru Sejarah antara Tantangan dan Peluang Menjadi Guru Milenial di Era 4.0. Khazanah: Jurnal Edukasi, 2(2), 115–125.
Effendi, M. S., Wibowo, N. A., & Adab, P. (2024). Manajemen Pendidikan Multikultural Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=XNU9EQAAQBAJ
Eko, H. W., Nuryanti, & Zusrotin. (2021). Peran Program Studi Pendidikan Sejarah di Era Revolusi Industri 4.0. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 4(1), 13–21.
Fatimah, N., & Octaviani, D. (2023). Sejarah Pendidikan Indonesia Baru : Perkembangan Pembelajaran Sejarah Berbasis AI 4.0. Jurnal Sejarah Indonesia, 6(2), 168–179.
Nisa, K. (2024). Peran Literasi di Era Digital Dalam Menghadapi Hoaks dan Disinformasi di Media Sosial. Impressive: Journal of Education, 2(1), 1–11.
Pajriah, S., Suryana, A., & Shavab, O. A. K. (2023). The Importance of Character Education Through History Education in the Era of the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 10(11), 211. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i11.5231
Putu, N., Parwati, Y., & Pramartha, N. B. (2021). Strategi Guru Sejarah Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Indonesia Di Era Society 5.0. Widyadari, 22(1), 143–158. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661256
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supardan, D. (2024). Pengantar Ilmu Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=NbMVEQAAQBAJ
SyasaRan. (2021). Memahami Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Making Indonesia 4.0: QueencyPublisher. Queency Publisher. https://books.google.co.id/books?id=pVYnEAAAQBAJ
Copyright (c) 2025 Oschar Sumardin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.