Peran Lingkungan Sosial Dalam Penanganan Anak Tuna Wicara Menggali Keterlibatan Komunitas Dan Dukungan Kaluarga

  • Sastra Wijaya universitas primagraha
  • Siti Sopiaturida universitas primagraha
  • Sulistiawati Sulistiawati Universitas Primagraha
  • Fauzi Fadliansyah Universitas Primagraha
  • Muhamad Abdul Roji Universitas Primagraha
Keywords: penanganan, tuna wicara, berkebutuhan khusus, pendidikan inklusi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengumpulkan data langsung dan bisa memperluas wawasan mahasiswa/i calon tentang penanganan anak tuna wicara. Penelitian ini memberikan sebuah tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mencegah bullying, yang sering terjadi pada faktor lingkungan sekolah. Penelitian terhadap penanganan anak yang berkebutuhan khusus, yang mencakup pertumbuhan otak, dan kesehatan mental, menjadi sangat penting untuk memahami kebutuhan anak pada pendidikan inklusi dan menciptakan sebuah tantangan yang mendukung kebutuhan anak tuna wicara yang baik. Hasil penelitian ini disusun oleh kelompok 6 sebagai bagian dari tugas mata kuliah pendidikan inklusi. Penelitian ini menjelaskan pentingnya menangani anak tuna wicara dengan lingkungan sosial yang baik. Gambaran umum penelitian akan diberikan. Hal ini menekankan pentingnya pendidikan inklusif dalam menciptakan kesempatan yang sama bagi anak-anak berkebutuhan khusus, terutama mereka yang memiliki keterbatasan bahasa. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanakan di SDN Batok Bali kota Serang yang fokus pada karakteristik anak gangguan bahasa dan bagaimana guru menyikapi anak tersebut. Metode penelitian meliputi pendekatan kualitatif seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Studi ini juga menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh guru ketika menangani anak-anak dengan gangguan bahasa dan bertujuan untuk memberikan wawasan guna meningkatkan pendidikan dan dukungan bagi anak-anak tersebut dalam lingkungan inklusif.

References

Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identifikasi Dan Implementasi Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Sumatera Barat. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153.

Aysyah, D. N., Yanti, H. D., & Lestari, W. E. (2023). Penanganan Anak Tunawicara: Studi Kasus. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 454-468.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan PengabdianKepada Masyarakat, 2(2), 147–300.

Fadliansyah, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (Ts-Ts) Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa. Journal of Professional Elementary Education, 2(2), 204–214. https://doi.org/10.46306/jpee.v2i2.50

Fadliansyah, F., & Primagraha, U. (2022). Studi Literatur : Dampak permainan ular tangga terhadap emosi siswa sekolah dasar. Jurnal Upg, 03(01), 41–51.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147–300.

Mardani, Sulistia, H. B. (2020). Identifikasi Hambatan Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Universitas Jambi, 1–9. https://repository.unja.ac.id/13961/

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1181–1190. https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176

Rahmatika, N., Ratrianasari, D., & Widodo, H. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Inklusi Sekolah Dasar International Islamic School (Intis) Yogyakarta. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 55–61. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.18596

Wijaya, S., Supena, A., & Yufiarti. (2023). Implementasi Program Pendidikan Inklusi Pada Sekolah Dasar di Kota Serang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 347–357. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4592

Published
2025-04-27
How to Cite
Wijaya, S., Sopiaturida, S., Sulistiawati, S., Fadliansyah, F., & Roji, M. (2025). Peran Lingkungan Sosial Dalam Penanganan Anak Tuna Wicara Menggali Keterlibatan Komunitas Dan Dukungan Kaluarga. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 108-115. https://doi.org/10.54297/seduj.v5i1.865
Section
Articles