Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Analisis Minat Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Masa Pandemi Covid-19 kelas VIII SMP Negeri 1 Lalolae Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 23 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket minat belajar. Indikator yang digunakan pada angket minat belajar: (1) adanya perasaan senang terhadap pembelajaran, (2) adanya ketertarikan terhadap pembelajaran, (3) adanya keterlibatan dan kemauan untuk belajar, (4) adanya kemauan dari dalam diri untuk aktif, rajin dalam belajar dan mengerjakan tugas dalam pembelajaran, (5) adanya upaya yang dilakukan untuk merealisasikan keinginan untuk tekun dan disiplin dalam jadwal belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Dari 23 jumlah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lalolae terdapat 5 siswa memiliki minat belajar sangat tinggi, 16 siswa dengan minat belajar tinggi dan 2 siswa dengan minat belajar sedang. Pada kelas VIII SMP Negeri 1 Lalolae terdapat skor rata-rata minat belajar siswa laki-laki sebesar 125,77 lebih besar dari skor rata-rata minat belajar siswa perempuan sebesar 121.
References
Burhanudin, B. (2021). Inovasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 56–67. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.188
Fitria, N. J. L. (2020). Penerapan Work From Home Dan Work From Office Dengan Absensi Online Sebagai Implikasi E-Government Di Masa New Normal Implementation of Work From Home and Work From Office With Online Absence As an E-Government. Civil Service, 14(1), 69–84.
Harjanto, T., & Sumunar, D. S. E. W. (2018). Tanangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan : Studi Kasus Implementasi Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing)Pada Mahasiswa Profesi Ners. JurnalKeperawatan Respati Yogyakarta, 5, 24-28.
Hasbullah. (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (cet. XI; Jakarta: Rajawali Pres, 2013), h.1.
Hidayat, P. W.,, & D. B. Widjajanti. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended
dengan Pendidikan CTL. Phitagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 13, No. 1, Hal. 63-75.
Hidayat, M.A., & Sutirna, S. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Prosiding Sesiomadika.2(1). 809-817 Retrieved From http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika. [6 September 2020].
Lismawani, & Shadiqin. (2021). Distraction ( Gangguan ) Dalam Pembelajaran Online. MUDARRISUNA:Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 217–228.
Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265
Sugiyono. (2019). Metode Penelitan Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Yulianti, D., Fitriya, M., Agustina, M., Lestari, P. I., & Amelia, W. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Online di SD Daarut Tasbih Ar-Rafi serta Kendala Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19. Pensa, 3, 297–310. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1364