Efektivitas Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini
Abstract
Kemampuan kognitif anak usia dini akan mengalami penghambatan perkembangan jika tidak diberikan intervensi yang tepat diawal masa pertumbuhan. Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas media flashcard pada menaikkan kemampuan kognitif anak usia dini. Penelitian ini memakai metode eksperimen kuasi dengan menggunakan untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Jumlah sampel sebanyak 14 responden. Alat ukur yang dipakai merupakan alat ukur kemampuan kognitif yang disusun oleh peneliti sendiri. Alat ukur kemampuan kognitif yang digunakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Tahun 2014 yang memiliki aspek belajar dan dengan pemecahan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik pada anak usia dini. Analisis data penelitian dianalisis dengan menggunakan Uji Independent Sample T Test menggunakan nilai signifikansi 0,019 (p<0,05). Hal ini berarti media flashcard efektif pada menaikkan kemampuan kognitif anak usia dini. Pemberian media pembelajaran yang baik dan sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak usia dini sangat memberikan pengaruh yang baik pada kemampuan tahap selanjutnya dalam proses perkembangannya dengan anak.
References
Burger, K. (2010). How Does Early Childhood Care And Education Affect Cognitive Development? An International Review Of The Effects Of Early Interventions For Children From Different Social Backgrounds. Early childhood research quarterly, 25(2), 140-165.
Erbey, R., McLaughlin, T. F., Derby, K. M., & Everson, M. (2011). The Effects Of Using Flashcards With Reading Racetrack To Teach Letter Sounds, Sight Words, And Math Facts To Elementary Students With Learning Disabilities. International Electronic Journal of Elementary Education, 3(3), 213-226.
Evianti, E., & Atika, A. R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 55-62.
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 35-43.
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102-119.
LaBerg, D., & Samuels, S. J. (1974). Toward A Theory Of Automatic Information Processing In Reading. Cognitive Psychology, 6(2), 293-323.
Masyitoh. (2015). Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola Abc-Abc Melalui Media Gelang Warna Di Kelompok A PAUD Gemsana, Otvai, Alor. Pendidikan Anak, 4(1), 588–595.
Musyahidah, U. (2019). Hubungan Antara Bermain Mengenal Warna Dengan Perkembangan Kognitif Anak Di Tk Frater Bakti Luhur Makassar. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 14(3), 257-261.
Ramey, C. T., & Ramey, S. L. (1998). Early Intervention and Early Experience. 53(2), 109–120.
Suartini, K., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2016). Penerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Di TK Negeri Desa Tigawasa. Pendidikan Anak Usi Dini, 4(2).