Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar Inpres Wolowona I
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan penulis untuk menggali ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika siswa di Sekolah Dasar Inpres Wolowona I. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2025. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SDI Wolowona I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan belajar siswa yang menyebabkan ketidaksukaan siswa terhadap mata pelajaran matematika antara lain: (1) kesulitan menyelesaikan operasi hitung (2) kesulitan membedakan simbol matematika (3) kesulitan memahami soal cerita (4)kesulitan memahami konsep dasar matematika (5) kesulitan membedakan bangun datar dan bangun ruang (6) serta kesulitan menggunakan alat ukur pada materi pengukuran. Kesulitan-kesulitan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti metode pembelajaran yang konvensional, minimnya penggunaan alat peraga konkret, rendahnya motivasi belajar, keterbatasan fasilitas, serta lingkungan belajar yang kurang kondusif.
References
Amallia, N., &Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswakelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, Vol.2.,No.2.,Hal.123-133.
Amanda, F., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Pada SiswaSekolah Dasar Ditinjau Dari Berbagai Faktor. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora,Vol.3., No.2.,Hal. 282-293
Aristiantika, R., &Widiono, A. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dan Penanganannya Pada Pembelajaran Matematika Kelas III Sd Al-Islam Pengkol Jepara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), Vol.7.,No.4.,Hal.14970-14979.
Asmidir, I., Folastri, S., &Solihatun. (2017). Diagnosis kesulitan belajar & pembelajaran remedial. Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Aulia, G. S., Darmiany, D., & Nurhasanah, N. (2023). Analisis kesulitan belajarsi swakelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 9 Ampenan tahun pelajaran 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application,Vol.3.,No.1., Hal.56-66.
Bustomi1.dkk.(2024). Pemikiran Konstruktivisme Dalam Teori Pendidikan Kognitif Jean Piaget Dan Lev Vygotsky. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran,Vol.7., No.4.,Hal.2655-6022.
Clements, D. H., & Sarama, J. (2014). Learning and teaching early math: The learning trajectories approach (2nd ed.). New York, USA, Routledge
Dowker.A.(2009).Mathematical Difficulties: Psychology and Intervention. Sandiego:Academic Press.
Hakim, Thursan. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta: Niaga Swadaya.
Haylock,D. (2018). Mathematics Explained for Primary Teachers(6th ed). London,SAGE Publications Ltd.
Hermanto.B.Dwitifani.,Susilawati. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelsaikan Soal Matriks. Journal of Mathematics Education.Volume 1, No. 1.,Hal.22-32.
Ilhami M. Wahyu.,dkk. (2024). Penerapan metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol.10.,No.9.,Hal. 462–469.
Putri F. Mega, Safrizal.(2023).Faktor Penyebab Rendahnya Minat BelajarSiswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI SDNageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA),Vol. 3., No. 1., Hal. 66-77.
Riyadi D. Dwi.,Supriatna.E.(2025). Analisis Kesulitan Siswa Kelas III Dalam Memahami Konsep Matematika Studi Kasus Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol.8., No.1.,Hal.2655-6022
Van de Walle, J. A. (2007). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally (6th ed.). Pearson Education.
Copyright (c) 2025 Marselina Wali, Beata Kamesia Ngole, Karolina Alus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.