Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 1 Trienggadeng Pidie Jaya

  • Ahmadi Ahmadi
Keywords: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan, proses pengadaan sarana dan prasarana pendidikan, proses pemeliharaan dan kriteria penghapusan sarana dan prasarana pendidikan pada SMA Negeri 1 Trienggadeng. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, koordinator bagian sarana dan prasarana, guru-guru dan kepala tata usaha. Adapun hasil penelitiannya adalah sebagai berikut: (1) Relevansi perencanaan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan dana yang tersedia; (2) Relevansi proses pengadaan berdasarkan perencanaan dan ketersediaan anggaran; (3) Relevansi proses Pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan disesuaikan dengan jumlah dana yang dianggarkan untuk pemeliharaan dan sarana dan prasarana perlu diservis dan diperbaharui secara berkala; dan (4) Kriteria penghapusan sarana dan prasarana pendidikan sesuai aturan yang telah ditentukan. Salah satu kriteria penghapusan apabila barangnya rusak dan tidak layak lagi dipakai dan bentuk penghapusannya dapat berupa peleburan, daur ulang dan pelelangan.

Published
2021-08-30
How to Cite
Ahmadi, A. (2021). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 1 Trienggadeng Pidie Jaya. Sultra Educational Journal, 1(2), 20-28. Retrieved from http://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj/article/view/156
Section
Articles