PENGARUH KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 1 KOLAKA

  • Supratman Supratman Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Nurhikmah Nurhikmah Universitas Sembilanbelas November
Keywords: Kreatifitas, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apakah terdapat pengaruh antara kreativitas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka; (2) Apakah terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka; (3) Apakah terdapat pengaruh antara kreativitas dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka.

Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kreativitas terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kreativitas dan kemandirian belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Kolaka pada tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah  196 siswa yang terdiri dari 5 kelas yaitu: X IA1, X IA2, dan X IA3 berjumlah 40 siswa, X IS1 dan X IS2 berjumlah 38 siswa. Dari jumlah populasi tersebut diambil 40 siswa sebagai sampel. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan instrumen berupa angket kreativitas siswa yang terdiri dari 36 item pernyataan dan kemandirian belajar terdiri dari 28 item pernyataan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka.

Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kreativitas berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa; (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa; (3) kreativitas dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN 1 Kolaka. DiMANa hasil hipotesis uji Fhit menunjukkan bahwa Fhitung  = 93,621 > Ftabel = 3,25 pada taraf signifikan.

Published
2021-08-30
How to Cite
Supratman, S., & Nurhikmah, N. (2021). PENGARUH KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MAN 1 KOLAKA. Sultra Educational Journal, 1(2), 7-13. Retrieved from http://jurnal-unsultra.ac.id/index.php/seduj/article/view/155
Section
Articles