Modifikasi sepeda motor honda beat karbu 110 cc menjadi electric vehicle 2 kW

  • Muh Firdan Nurdin Universitas Borneo Tarakan
  • Shinta Tri Kismanti Universitas Borneo Tarakan
  • Prayoga R.L. Silalahi Universitas Borneo Tarakan
Keywords: CVT, kendaraan listrik, rpm, torsi

Abstract

Kendaraan listrik saat ini telah banyak digunakan salah satunya adalah kendaraan listrik hasil konversi dari kendaraan motor bakar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses konversi dan konsumsi daya listrik dari sepeda motor honda beat 110 CC menjadi sepeda motor listrik (electric vehickle) 2 kW. Proses konversi dilakukan dengan mengganti sistem penggerak motor bakar menjadi motor listrik Brush Less Direct Current 2 kW, menambahkan kontroller juken 10 merek bintang racing team, menggunakan baterai GESITS serta memodifikasi sistem transimisi CVT motor bakar. Hasil penelitian menunjukkan konsumsi daya baterai yang dihasilkan pada jalan mendatar sejauh 500 meter pada kecepatan 20, 30, 40 km/jam ialah 0,01, 0,02, dan 0,06 Wh. Sementara konsumsi daya baterai yang dihasilkan pada jalan menanjak sejauh 100 meter pada kecepatan 20, 30, 40 km/jam ialah 0,03, 0,03, dan 0,04 Wh.

References

R. Kurniawan and A. Kurniawan. "Jumlah Kendaraan di Indonesia Tembus 152 Juta di Awal 2023." https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/10/064200415/jumlah-kendaraan-di-indonesia-tembus-152-juta-di-awal-2023 (accessed 23 Februari, 2024).

S. Leitman and B. Brant, Build your own electric vehicle. McGraw-Hill, Inc., 2008.

J. T. Santoso, SEPEDA LISTRIK: Perencanaan, Perakitan dan Perbaikan. Yayasan Prima Agus Teknik Bekerja sama dengan Universitas Sains & Teknologi Komputer (Universitas STEKOM), 2022, pp. 1-169.

A. Wibowo, Mobil Listrik Dengan Baterai Lithium-Ion. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 2021, pp. 1-316.

T. Kristyadi, M. Said, M. Farhan, and D. Lani, "Konversi sepeda motor berbahan bakar bensin menjadi bertenaga listrik," in Prosiding Diseminasi FTI Genap 2021/2022, Itenas, 2022.

I. W. Jondra and I. N. Sugiarta, "Perencanaan Konversi Sepeda Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik," in Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 2021, vol. 7, no. 1, pp. 448-456.

Kementerian Perhubungan, Peraturan Menteri Perhubungan tentang Konversi Sepeda Motor Dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Listrik Berbasis Baterai, 2020.

D. Harjono and W. Widodo, "Analisis sistem penggerak motor BLDC pada mobil listrik ponecar," Jurnal ELIT, vol. 2, no. 1, pp. 11-22, 2021.

R. B. Waskitho and R. Hasbillah, "Em-Pus: Elektrik Motor Kampus Sebagai Rancang Bangun Kendaraan Listrik Di Wilayah Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia," in "Laporan Tugas Akhir/Capstone Design (Teknik Elektro)," Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, 2022.

E. Prasetyo, D. Dahlan, and R. N. Fadhli, "Analisis Pengujian Sepeda Motor Listrik 3 kW Pada Jalan Mendatar dan Menanjak," in Prosiding Seminar Rekayasa Teknologi (SemResTek), 2018, pp. 47-53.

Published
2024-03-12
How to Cite
[1]
M. F. Nurdin, S. Kismanti, and P. Silalahi, “Modifikasi sepeda motor honda beat karbu 110 cc menjadi electric vehicle 2 kW”, SJME, vol. 3, no. 1, pp. 9-17, Mar. 2024.